Alat yang dibutuhkan untuk membuat studio rekaman audio sederhana

Seperti janji saya pada postingan sebelumnya yang berjudul Home recording menjamur!. saat ini saya akan memberi tutorial tentang Alat yang dibutuhkan untuk membuat studio rekaman audio sederhana

Ada beberapa alat kecuali alat-alat instument (alat-alat intsrument seperti drum, guitar, bass, dll) yang dibutuhkan dalam pembuatan home recording, beberapa di antaranya:

1. Sebuah komputer:  
Tentu saja kita amat sangat membutuhkan komputer, karena yang saya bahas disini adalah rekaman berbasis digital. Semua mulai dari tunner, pemilihan fx guitar maupun bass, drum, editing, mixing, mastering kita lakukannya dengan bantuan komputer. Oleh karena itu alangkah baiknya bila komputer yang digunakan memiliki spek yang baik. Kenapa? Karena untuk melakukan kegiatan itu semua akan memberatkan kinerja processor, ram, maupun hardisk.

Lalu bagaimana bila tidak mempunyai komputer yang mid-end hingga high-end?? Jangan berkecil hati dulu. Dahulu waktu saya pertama kali belajar recording komputer saya sbb:
Processor: intel celeron p4 1,8 ghz
Ram: SDRAM 256mb
Hardisk: ATA 40 gb
Soundcard: onboard (akan lebih jauh dibahas di poin 2)

Lalu pelan-pelan saya upgrade:
Processor: intel pentium D 3ghz
Ram: ddr2 2gb
Hardisk: SATA 80 gb 7200rpm
Soundcard: Sound Blaster 7.1 (akan lebih jauh dibahas di poin 2)


Lalu sekarang saya memakai
Processor: intel dual core 2,66ghz< Ram: ddr2 2gb
Hardisk: SATA 250 gb 7200rpm
Soundcard: ESI Juli@ PCC 192khz 24bit (akan lebih jauh dibahas di poin 2)


2. Soundcard / conveter / audio interface    
Soundcard dalam bahasa indonesia adalah kartu suara. Apa itu? Apa gunanya? Dan bagaimana cara kerjanya?
Soundcard adalah suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.

Fungsi soundcard adalah sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia. Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu :
1. Melalui teknologi frequency modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli.
2. Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker.
3. Synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.

Cara Kerja Soundcard yaitu
ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

sumber: dari berbagai sumber.


Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar


Gambar diatas merupakan contoh gambar soundcard onboard (onboard = yang menempel pada motherboard)




Gambar diatas merupakan contoh gambar soundcard PCI



Gambar diatas merupakan contoh gambar soundcard USB dan FIREWIRE


Beberapa orang dan sound engineering (sound engineering=operator rekaman / orang yang bekerja untuk merekam audio, memperbaiki audio maupun membuat sebuah jinggle dll) menyebut soundcard dengan nama CONVETER ataupun AUDIO INTERFACE karena belum tentu sebuah CONVETER ataupun AUDIO INTERFACE berupa "kartu" yang dipasang di motherboard pada cpu komputer, karena saat ini CONVETER atau AUDIO INTERFACE ada yang berupa box, mixer dan lain-lain (soundcard eksternal). 

Tapi saya akan menggunakan kata soundcard untuk mempermudah penjelasan.

Di sebuah soundcard ada beberapa lubang (untuk soundcard onboard maupun multimedia diberi warna yang berbeda untuk membedakannya), lubang-lubang tersebut mempunyai fungsi masing-masing.

Untuk soundcard onboard dan multi media contohnya sound blaster audigy dll banyak sekali kekurangan kekurangannya (untuk belajar mungkin masih bisa dipakai, namun bila ingin serius dan ingin hasil yang lebih memuaskan, tidak disarankan memakai soundcard2 tersebut).
Kekurangan-kekurangannya adalah:
1. Kualitas untuk merekam suara kurang bagus, banyak nya noise yang sudah pasti mengalahkan suara yang ingin anda rekam. biasanya soundcard onboard hanya bisa merekam maksimal 16bit), coba saja dibandingkan dengan soundcard yang memang di tujukan untuk spesialis rekaman yang bisa merekam maksimal 24bit bahkan 32bit!. sample rate? biasa nya soundcard onboard mempunyai sampling rate yang kecil, 44,1Khz, walaupun ada yang lebih seperti 48Khz namun tetap saja soundcard tersebut tidak disarankan untuk dipakai rekaman)

2. Latency, atau beberapa orang menyebutnya delay. walaupun bisa di akali dengan driver ASIO4ALL namun tetap saja masih terasa latencynya.

3. Koneksi masih menggunakan jack 3,5mm Sedangkan instrumen musik pakai jack 1/4 atau kabel XLR atau kabel TRS.walaupun bisa diakali dengan extention, namun belum tentu extention tersebut malah membantu, bisa saja malah membuat hasil rekaman anda semakin tidak bagus.

4. Kualitas AD/DA converter yang tidak di peruntukan untuk rekaman professional

sumber ide untuk menulis kekurangan tersebut  dari forum musiktek

Untuk soundcard khusus untuk recording biasa nya mempunyai spek yang berbeda-beda menurut kebutuhan. Jadi menurut saya, hal yang pertama kali anda beli adalah sebuah SOUNDCARD atau CONVETER atau AUDIO INTERFACE sesuai budjet dan kebutuhan. Semakin khz dan bit depth nya besar, akan semakin baik sample / materi yang anda rekam. (untuk soal colour dan lain-lain jangan segan-segan bertanya pada toko alat musik yang anda kunjungi)

Yang dimaksud dengan kebutuhan diatas adalah berapa channel IN PUT dan OUT PUT yang ada butuh kan (misalnya untuk merekam drum anda membutuhkan minimal 8 channel INPUT). Namun menurut saya bila hanya untuk home recording / membuat studio dirumah atau kamar anda, 2 CHANNEL INPUT sudah lebih dari cukup. Untuk drum kita bisa memakai PLUGINS / VSTi seperti Addictive drum, Fxpansion BFD2, dan lain-lain..

3. Speaker monitor
Speaker monitor untuk rekaman / recording sangat berbeda dengan speaker multimedia. speaker multimedia biasanya melebih-lebihkan / mem-boost frequency tertentu. Biasanya speaker-speaker tersebut mem-boost pada low frequency (bass) dan high frequency (treble). Sedangkan untuk rekaman / recording membutuh kan speaker FLAT yang jujur pada frequency alias tidak melebih-lebihkan atau memboost pada frequency tertentu. Untuk mempunyai speaker yang flat mungkin akan memberatkan kantong anda. Cara mengakalinya adalah (walaupun tidak di rekomendasikan untuk tidak  menggunakan speaker yang tidak flat) 

A. Kenali speaker anda.
Kenali karakter speaker yang anda punya, apakah speaker anda mem-boost low frequency ataupun mem-boost high frequency. Karakter speaker anda, hanya anda yang mengenali dan mengerti. Gunakan feeling dan mulailah mempercayai speaker anda dikit demi sedikit. 

B. Sering-sering mendengarkan lagu-lagu referensi anda di speaker yang anda punya.
Karakter speaker anda akan mulai anda hapal seiring dengan waktu. Sering-sering lah mendengarkan lagu-lagu yang telah direkam, dimixing dan dimastering oleh para professional. 

C. Kenali karakter ruang kamar anda.
Tidak dipungkiri, studio-studio professional menggunakan tata ruang akustik yang telah di perhitungkan dengan baik. Bass trap, difusser, dan lain-lain akan menghiasi studio-studio mereka. Seperti yang diterang kan diatas, dengan sering-sering mendengarkan lagu referensi anda, anda akan lebih mengenal karakter ruangan anda.

4. Preamp
preamp digunakan untuk meningkatkan gain signal input sebelum masuk ke soundcard. bisa juga digunakan untuk coloring. kalau saya menggunakan preamp untuk mengambil panthom powenya saja. panthom power dibutuh kan bila kita mengunakan mic condensr untuk rekaman.

Gambar diatas merupakan contoh gambar preamp dari behringer "tube ultragain mic200"


Untuk yang belum bisa membeli preamp, kita dapat mengakali dengan mengganti preamp dengan efek / FX stombox yang di bypass. FX yang di bypass / tidak dihidupkan / tidak di on kan bunyi efek nya (misalnya anda mempunyai FX stombox metalzone yang sangat sangar untuk distort, jangan gunakan distort nya, namun cleannya saja, jadi istilahnya hanya "numpang lewat"), akan membantu menaikan gain dari source audio.

Gambar diatas merupakan contoh gambar FX stombox dari BOSS "Metal Zone MT-2"

5. Kabel
Jangan anggap sepele soal kabel. Kabel murahan akan membuat hasil rekaman anda dikalahkan dengan suara noise, dengung dan lain-lain. Belilah kabel yang bagus bila anda ingin hasil rekaman anda terdengar layaknya rekaman professional.

6. Mic untuk vokal
Mic adalah alat yang digunakan untuk menangkap suara atau signal.
Vokal adalah elemen penting dalam suatu lagu. Pendengar akan merasa kecewa apabila dalam suatu lagu yang aransement nya bagus, suara audio instrument bagus, namun suara audio vokal yang tidak bagus. Dan mungkin pendengar tidak akan kembali mendengar lagu anda untuk kedua kali nya karena telanjur kecewa dengan kualitas suara audio vokal di lagu anda.

Mic yang ada saat ini ada beberapa macam yaitu Dynamic, Condenser, dan lain-lain

Untuk memilih dan membeli mic, sesuaikan dengan kebutuhan, karakter dan budget yang anda punya. Bila ingin membeli jangan segan-segan untuk bertanya pada toko musik yang anda kunjungi, tentang karakteristik mic, butuh panthom power atau tidak dan lain-lain. 
Tambahan:
-untuk merekam vokal, dianjurkan menggunakan pop filter dan stand mic


Agar suara yang direkam tidak naik turun dikarenakan vokalis band anda menyanyi menjauh dan mendekat antara mulut dan mic.

oke semoga bermanfaat.
salam.




Artikel Terkait:

118 comments:

  1. Woih.... sob...
    boleh juga...
    kalo boleh saya ingin tau softwarenya apa terus berapa budget untuk membuat studio rekaman sederhana...
    yups paling nggak bisa di pake untuk buat demo aja...
    hihihihihihihihi..
    salam kenal dan salam hangat dari blogger BAli

    ReplyDelete
  2. untuk software nanti saya akan bahas pada posting selanjut nya mas,
    dan untuk budget sesuai kebutuhan dan budget yang dipunya, coba saja jalan-jalan ke toko musik dan jangan sungkan untuk bertanya disana...

    tapi seandainya dana/budget nya sedikit,
    coba saja untuk soundcard nya memakai sound blaster 7.1,

    lalu untuk preamp nya diganti dengan FX stombox yang di bypass / tidak dihidupkan / tidak di "on" kan bunyi efek nya. misalnya anda mempunyai FX stombox metalzone yang sangat sangar untuk distort, jangan gunakan distort nya, namun cleannya saja, jadi istilahnya hanya "numpang lewat"(agar lebih jelas, akan saya masukan gambarnya di posting diatas pada bagian preamp)

    dan anda siap untuk rekaman!
    (selain alat instrumennya dan komputer loh)

    soundcard sound blaster 7.1 itu kalau salah salah harga baru nya Rp275.000.

    salam

    ReplyDelete
  3. Thank u pencerahannya sobat...
    met istirahat.. lo ada artikel baru infoin yach...

    ReplyDelete
  4. mas menurut mas, yang bagus itu souncard nya pake PCI apa fireware apa USB ?

    btw artikel nya bagus bagus ya :)

    ReplyDelete
  5. alow
    minta bantuannya nih
    sebelumnya saya pake soundblaster live 24 bit dengan speaker creative T7900 semua colokan di sc kepake semua termasuk buat internal tv tuner

    kemarin saya di kasih sc esi juli@, ternyata colokannya beda dengan sb live 24 bit.

    bisa bantu saya caranya agar sc juli@ bisa nyambung dengan speaker saya? apa yang saya harus beli dan siapkan

    trimaksih

    ReplyDelete
  6. @elz, sebenarnya tergantung kebutuhan mas, kalau ingin gk ribet masalah kabel ya pilih soundcard PCI, kalau ingin mobile pilih soundcard USB atau Firewire.

    tapi kalau saya disuruh milih, saya milih firewire :D

    @dedi: itu yang PCI kan?
    kalau saya mau gk mau di akalin mas,
    ini gambar kabelnya (klik link nya)

    GAMBAR KABEL SOUNDCARD

    itu saya kabelnya saya bikin sendiri, dua ujung kabel yang besar untuk ke soundcard, yang kecil ke speaker

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Hanya menambahkan.. :)

    Good Player---Good Recording (instrument, room and technique recording)---Good MiXing---Good Mastering = Good song... :)

    salam

    ReplyDelete
  9. boss soundcard yang bagus tapi gag terlalu mahal buat home recording apa ya ?????mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
  10. mas saya kemarin coba rekaman kecil2an ama temen2 tp lagunya dangdut... nah saya pake' software adobe audition 1.5 trus saya rekam per trak... sketnya alat musik speaker aktif mixer trus laptop saya (core 2 duo ram 1 GB), tapi untuk vokal n kendangnya g bisa maksimal.... mohon saranya....

    ReplyDelete
  11. Anonymous said...
    boss soundcard yang bagus tapi gag terlalu mahal buat home recording apa ya ?????mohon bantuannya ya

    me: ESI Julia juga boleh :)


    Anonymous said...
    mas saya kemarin coba rekaman kecil2an ama temen2 tp lagunya dangdut... nah saya pake' software adobe audition 1.5 trus saya rekam per trak... sketnya alat musik speaker aktif mixer trus laptop saya (core 2 duo ram 1 GB), tapi untuk vokal n kendangnya g bisa maksimal.... mohon saranya....

    me: Gendangnya bikin aja mas pake fruity loop, untuk vocal... hhe mungkin saatnya untuk nabung yah mas :(

    ReplyDelete
  12. Bro,
    harga soundcard external aka converter itu berapaan ya kisarannya?
    Trus mau nanya, ane kan punya multifx zoom g 9.2 TT, nah itu bisa difungsiin buat preamp ga?kan kalo secara logika kalo stompbox metalzone aja bisa, multifx jg bs dong?
    mohon pencerahannya yak bro.terimakasih.

    ReplyDelete
  13. @najib: tergantung mas, butuh berapa channel input... coba liat2 harganya di http://deltamusik.com/ atau http://tiganegeri.com/ sebagai referensi... kalau tanya yang bagus seperti apa, saya gk bisa jawab... soalnya kan belum nyobain semua soundcard :). pokoknya lihat besar kecil bit dan khz nya, dan juga input channelnya...

    setelah udah fix, pergi ketoko, terus minta cobain sama minta pendapat dengan modal / duit yang mas punya, si toko me-referensikan soundcard apa :)

    untuk fx nya, monggo di test mas, saya rasa sih bisa :)

    ReplyDelete
  14. nah kyknya milih behringer UCA202 deh yg cukup murmer.hehe. menurut mas bro gmn?
    anyway terimakasih buat ilmunya, sangat membantu sekali =)

    ReplyDelete
  15. @najip sebelum membeli, coba ditanya, bisa pake driver ASIO ndak soundcard itu...

    ReplyDelete
  16. mas maksudnya bs pk driver asio itu ap ........
    masalah mic ......
    budjet minim gmn .....

    ReplyDelete
  17. coba baca-baca http://www.distorsi.net/2010/04/asio4all-membantu-mengatasi-masalah.html

    ReplyDelete
  18. wah wah wah sob tanks bgt iya info nya B-)

    ReplyDelete
  19. mudah-mudahan berguna artikel tutorial alat yang dibutuhkan untuk studio rekaman ini :)

    ReplyDelete
  20. bos kalo gw si milih soundcard pci creative sound blaster,krn utk smntara wkt gak ng-track audio dr luar,ya maen gambar2an aj di reason (kpentok bujet jg sih :D)
    tp kl pake sc PCI gitu,output ke speaker monitornya gmn ya? krn kan lobangnya yg 3,5mm tuh,,bukan yg 1/4
    mohon pncerahannya tentang kabel speaker monitor dan rekomendasi merk speaker yg lumayanlah utk blajar mixing n mastering
    thx

    ReplyDelete
  21. @Ben
    memang pake speaker apa mas? apa speaker nya pake head jack 1/4 gitu?

    saya juga pernah mas pake sound blaster, hampir setengah tahun saya make nya malah...

    speaker nya dulu pake tape radio sony (minjem speaker nya doang)

    tapi ya itu, sama2 pake head jack 3,5mm juga kok... tapi seandainya speaker mas colokannya jack seperti head jack guitar, mau ndak mau harus di akali mas.... solder2 dikit doang kok :p

    untuk speaker, coba tanya2 ke toko musik kesayangan mas :p

    kalau saya sih lagi nabung untuk beli ESI near 04
    harganya sekitar 2jutaan, kata orang2 sih lumayan untuk harga segitu

    ReplyDelete
  22. souncard apa ya yang uda ada fx nya langsung untuk recording. Jadi misal main gitar dengan fx compressornya & reverb, juga nyanyi yg uda ada delay & compressornya bisa langsung kdengaran. Kren nih

    ReplyDelete
  23. @Anonymous untuk FX kan bisa pake VST mas,
    misal nya saya sedang merekam gitar, yang sebenar nya saya rekam itu clean, lalu di DAW saya insert amplitube metal, gitar yang semula nya clean akan langsung berubah menjadi distorsi :)

    jadi intinya soundcard bisa memakai apa saja, nanti FX-FX yang mas maksud bisa di tambahin di software DAW nya...

    coba mas baca2 postingan saya yang lain yang judul nya Tutorial: software-software yang dibutuhkan/ digunakan untuk membuat studio rekaman di http://www.distorsi.net/2010/03/software-software-yang-dibutuhkan-untuk.html

    ReplyDelete
  24. bonard alfin said...

    @Anonymous untuk FX kan bisa pake VST mas,
    misal nya saya sedang merekam gitar, yang sebenar nya saya rekam itu clean, lalu di DAW saya insert amplitube metal, gitar yang semula nya clean akan langsung berubah menjadi distorsi :)
    ===
    Lalu pake soundcard apa mas supaya yg terekam itu tidak clean, tapi sama dengan dengan sewaktu saya rekam (sudah terdistorsi)
    :)

    ReplyDelete
  25. jadi saya mau bisa buat LIVE performance sudah cukup pake soundcard tadi mas. Thx

    ReplyDelete
  26. @Anonymous VST yang di insert pada masing2 track itu bisa dimainin live kok mas,

    jadi sebelum merekam, mas insert aja VST di track mas..

    contoh: mau main guitar distorsi live, pasang Amplitube metal di track, lalu monitor track nya di on/di nyalain. output soundcard di routing ke mixer/langsung ke sound tembaknya yang ada dipanggung.... tinggal main deh

    kalau langsung dari soundcard, saya rasa ndak ada mas...

    ReplyDelete
  27. @anonymous: oh iya mas... coba didowbload dulu aja.. cubase dan amplitube metal...

    atau amplitube metal nya saja... di software itu ada yang stand alone nya juga kok...

    nanti pasti ngerti apa yang saya jelaskan :)

    ReplyDelete
  28. wah kren mas ya. Spertinya misal langsung di soundcard akan mempringan Cpu kita mas, atau memang tidak terlalu memberatkan misal hanya sebatas 2 channel yg tiap channelnya kita pasang 5 fx (dng minimum specs PC skarang ini). Btw, artikelnya kren2 mas. :)
    \m/

    ReplyDelete
  29. mas apa bedanya direck sama premp..?
    kemarin saya naya ke temen katanya dia rekaman..
    dari gitar di sambungin ke direck trus ke sondcard.
    apakah pungsi direck sama dengan premp.

    ReplyDelete
  30. @Anonymous: seperti yang saya jelaskan pada artikel diatas mas, preamp itu untuk menambah gain, juga sebagai coloring.

    Di preamp biasanya juga ada phantom power, yang gunanya sebagai power untuk mic condensor.

    Dibeberapa sound card ada juga yang build in preamp, tapi tentunya para professional Sound Engineering lebih memilih preamp terpisah dibandingkan dengan preamp yang ada di soundcard, yaitu tadi, karena alasan coloring nya

    Apa tidak bisa langsung direct ke soundcard? Mengapa tidak? Tapi kualitas bisa ditanggung sendiri :D

    Direct langsung ke soundcard selain gain source audio nya kecil, juga lebih beresiko noise... Telebih lagi lebih tipis nya audio yang terekam...

    Lalu seberapa perlu sih preamp itu? Menurut saya alat ini merupakan alat pokok untuk merekam audio...

    Seandainya terkendala dengan dana, mas bisa pinjam FX stombox punya teman yang di bypass efek nya...
    Nanti atur gain besar kecilnya di kenop volume yang ada di fx stombox tersebut

    Kalau tetap tidak ada? Dan hanya menggunakan soundcard onboard? Coba menggunakan mic in untuk merekam, bukan line in nya... :)

    CMIIW :p

    ReplyDelete
  31. mas trimakasih banyak atas pencerahannya..
    saya jadi lebih mengerti tentang dunia recording..
    maju terus mas alfin..?

    ReplyDelete
  32. @ifan: sama-sama mas :)
    semoga berguna

    ReplyDelete
  33. salam kenal mas,saya mau numpang nanya;saya punya laptop dgn spek:Ram:496MB harddisk:C/20,D/17 processor:1.7Ghz bisakah untuk dipakai home recording kecil2an yg penting bisa buat bikin demo aja..?? jika hrs ada yg diupgrade bagian mana saja dan berapa min spek-nya,,jika saya hanya tambahkan soundcard apakah sdh ckup..?? oia sementara saya sudah punya gitar electric+amplinya yg 20W serta efek zoomg2.1u n CD driver steinberg cubase bawaan...!!mohon beri petunjuk yg jelas dan langkah2nya.. thanks be4

    ReplyDelete
  34. mas tlng dijawab di FB sy aja yah, sy dah posting dsna jg...
    Fb sya :ferrygilbert@rocketmail.com
    thanks be4

    ReplyDelete
  35. @ferry: saya saranin sih pake desktop PC saja dari pada pake laptop...
    walau laptop spek nya diatas desktop PC, tapi unuk kinerja masih bagusan desktop PC loh...

    apalagi laptop mas spesifikasi nya seperti yang dijelaskan di atas, tapi kalau tetep mau pake laptop:

    Processor
    itu processor nya type nya apa yah? pentium 4? dual core? core 2 duo?

    kalau pentium 4, monggo di upgrade ke processor yang core nya lebih dari satu seperti dual core / core 2 duo

    kalau seandai nya dual core, monggo di upgrade kecepatan processor nya

    RAM
    SDRAM? DDR1? wah, saya tidak bisa jamin mas bisa dapetin yang ber memory 1GB

    DDR2 dan diatas nya sangat di rekomendasikan sekali untuk membuat komputer rekaman

    minimal 1gb lah untuk RAM

    Hard Disk
    ATA? SATA? (ada tidak sih koneksi ATA dan SATA di laptop?)

    kalupun ada koneksi seperti yang saya sebutkan diatas, silahkan untuk mengambil harddisk yang mempunyai koneksi SATA

    dan perhatikan juga kecepatan membaca dan menulis nya, coba cari harddisk dengan kecepatan 7.200rpm

    Lalu kalau seandainya tidak di upgrade bagaimana? kuatkah?
    kenapa tidak langsung dicoba saja? download software-software yang ingin mas pakai, lalu take beberapa track dan juga coba gambar / buat beberapa bar drum menggunakan VSTi seperti EZ Drummer, Addictive Drum atau yang lainnya

    Spesifikasi minimal komputer untuk recording itu seperti apa sih?
    Tergantung kebutuhan :)

    mengapa saya bilang seperti itu?
    seandainya mas hanya merekam satu track dan dalam track tersebut hanya diisi dengan satu VST/Effect, pasti nya dengan spek komputer low-end pun mas sudah bisa melakukannya

    Tapi untuk merekam satu buah lagu yang biasanya lebih dari 8 track audio dan 2 track MIDI?
    pastinya mas butuh spek komputer yang lebih tinggi di bandingkan dengan merekam 1 track saja bukan?

    Dan seterusnya... :)

    coba mas baca-baca artikel saya yang berjudul Komputer untuk home recording audio di http://www.distorsi.net/2010/05/komputer-untuk-home-recording-audio.html

    ReplyDelete
  36. wah thanks berat mas bonard,jawabanya panjang and penuh apresiasi...jarang2 ada orang yang mau membagikan ilmunya kepada orang yg belum dikenal...sukses terusss yaa mas, thanks atas jawabannya !!!
    maju terus musik indonesia...!!!
    oia mas untuk meng apresiasi balik boleh juga tuh software2 yang kira2 saya butuh mas tawarkan,..harganya juga masih cocok sepertinya...!!! hehehee...!! truzz klo ada yang cocok harus contact kemana mas...??

    ReplyDelete
  37. @Anonymous: hihi... sama-sama mas :D
    senang bisa berbagi :p

    langsung sms saya aja mas, di 0856 83 88 405
    atau YM di : bonardalfin@yahoo.co.id :)

    ReplyDelete
  38. salam kenal mas..
    saya mau tanya
    cara untuk mengurangi noise pada saat ngerekam gitar gimana...? apakah faktor souncard atau gitar yang kurang berkualitas..
    saya souncarnya pake onbord.
    nah trus saya pas ngerkem di nuendo metronomnya ikutan kerekam...?
    caranya itu gi mana ya..
    maaf nih nanya nanya mulu..

    ReplyDelete
  39. hallo om distorsi.net..!!!!
    saya baru selesai download cubase 5,, tapi saya ngga tau cara makenya.. bisa ajarin saya om..?? atau punya video tutorial bahasa indonya ngga..??
    saya betul-betul pusing,, ngga tau mau di apain nih...
    saya cuma punya 1 gitar elektrik aja... rencana mau bikin instrument sendiri.. gimana caranya tuh om...??
    apakah ada yang saya perlu download lagi...???
    tolong ya om....???

    ReplyDelete
  40. cuma mau berbagi ilmu pengetahuan monggo liat di http://www.musisi.com/showthread.php?t=45144

    disitu banyak tutorial videonya loh mas punten euy...

    ReplyDelete
  41. mas boleh minta refrensi buat jack auido yang low noise ga!....

    ReplyDelete
  42. mas, websitenya keren !! sangat membangun !!

    tx ya. keep up the good work !

    bagi teman-teman yang ingin belajar tentang dunia live sound system bisa buka www.operator-sound.com.

    jangan lupa bagikan ilmu teman-teman juga ya disana. mari kita buat dunia musik Indonesia maju !!!

    ReplyDelete
  43. mas.. mau tanya mslh komputer.
    teman saya bilang katanya klo mau pake 2 hard disk, yang 1 buat software trus yang satu lagi buat save data. katanya itu memperingan beban hard disk dan procesor apabila sedang melakukan produce some music????
    betul ga???

    helloiamfatah

    ReplyDelete
  44. @Anonymous: betul mas, harddisk itgu kan mempunyai tugas untuk baca dan tulis (write & read)

    nah dengan 2 hardisk, masing2 membagi tugas seperti yang mas jelaskan diatas :)

    ReplyDelete
  45. Mas,, Punya studio rekaman dimana??
    bisa tuh kayanya kita kerjasama....

    aku vokalis dan punya lagu...

    thanks

    ReplyDelete
  46. boy,. tahu code elicenser gg,. buat aktifasi wavelab,. thanks

    ReplyDelete
  47. zakiv_sky@yahoo.co.id >>FB (cah mojokerto)February 26, 2011 at 3:34 AM

    Mas bonard...kalo misalnya pake soundcard PCi yang udah di modif...kira2 waktu record gitar atau bass apa suaranya bisa bersih ya....soalnya aq udah pernah coba pake gitar electrikku...eh suaranya pecah tuh mas.....padahal spack PC ku dah QuadCore Ram Jg udah 3 gb...tp kalo pake sound blaster keluaran line6 emang bersih tapi kan mahal mas....ad cara lain gak tuh...atau enggak tolong postingin skematik PCB dan keterangan komponennya donk mas biar skali2 bisa agak kreatif gto....terima kasih...saya tunggu commentnya bro...

    ReplyDelete
  48. zakiv_sky@yahoo.co.id >>FB (cah mojokerto)February 26, 2011 at 3:36 AM

    oh iya tolong add Facebook ku skalian ya mas....


    zakiv_sky@yahoo.co.id


    biar bisa sering2 contact gto...di tunggu...

    ReplyDelete
  49. @zakiv: hmm.. kalau menurut saya, setinggi apapun spesifikasi komputer, kalau soundcardnya onboard tetap aja mas hasilnya minim...

    jadi sebenarnya soundcard itu bagaikan nyawa untuk perekaman audio...

    oh iya, satu lagi... serem banget pembicaraannya :p
    saya ndak pernah dan ndak berani otak-atik hardware mas... apalagi soundcard...

    atau ndak mas beli aja yang agak murahan, sekitar 800 ribu sampai 1,5jutaan udah bagus-bagus banget kok... bisa milih mau PCI, atau yang external dengan koneksi USB / Fireware :)

    ReplyDelete
  50. mas klo preamp nya diganti sama amplifier bisa gak?

    ReplyDelete
  51. Bang Bonar.

    Saya mau bangun home recording. Barangkali Abang bisa konsultannya? Karena saya punya artis Batak yang sudah Populer mau coba aransemen musiknya pakai Digital Musik agar lain dari album-albumnya yang sudah ada

    ReplyDelete
  52. @Anonymous
    ampli atau head amlpli (cabinet) mas?
    saya belum pernah coba mas, monggo langsung dicoba aja, nanti kalau ada masalah atau ndak sesuai dengan yang mas inginkan, kita bisa diskusikan bersama anggota forum distorsi di http://distorsi.us



    @sastromi
    bisa mas, free! :)
    mas tinggal daftar di forum distorsi http://distorsi.us, nanti bisa kita bahas bareng-bareng bersama anggota member yang jauh lebih jago dari pada saya ;)

    ReplyDelete
  53. mas kalo spek komputer p4 3.0 ghz , ram 1gb , vga 512 , hdd 80gb , trus soundblaster pci yang standar , itu cukup ngga kalo buat rekaman metalan ? tanpa alat2 tambahan kecuali softwarenya ? makasih sebelumnya , regards :)

    ReplyDelete
  54. salam kenal mas terimakasih postinggannya keren,mas saya ada masalah dengan signal midi saya dri key(psr-3000) ke laptop sy kok tidak muncul,padahal sudah di seting?mohon bantuannya.sistem sya: midi interface emu-0404,windows 7 64 bit,4 gb ram

    ReplyDelete
  55. salam kenal mas terimakasih postinggannya keren,mas saya ada masalah dengan signal midi saya dri key(psr-3000) ke laptop sy kok tidak muncul di sonar x1,padahal sudah di seting?mohon bantuannya.sistem sya: midi interface emu-0404,windows 7 64 bit,4 gb ram

    ReplyDelete
  56. mas pre-amp nya di ganti preamp bass " hartke bass attack " bisa ya ?

    ReplyDelete
  57. atau ndak mas beli aja yang agak murahan, sekitar 800 ribu sampai 1,5jutaan udah bagus-bagus banget kok... bisa milih mau PCI, atau yang external dengan koneksi USB / Fireware :)

    mas soundcard yg harganya 1 jutaan yg bagus tu apa?? sama sound blaster mending mana?? makasih

    ReplyDelete
  58. mas nompang tnya ni , misalny klo utk drum soundcardny butuh brp chanel y .
    kata kwn ane ni 8 chanel tu kurang utk drumny ??
    klo mislny 4 input n 4 output gmn gan ??

    ReplyDelete
  59. trz ada gak mas jual soundcard firewire 8 chanel 2 jtaan mas , yg second pun jd .

    :)

    ReplyDelete
  60. Mas...agan...para master...tolong dibantu, kalau ada yang pernah pake audio interface di linux / ubuntu. Merek apa dan giman hasilnya. Pengen beli m-audio ato tascam tapi OS ane 1000% linux. Thanks ...toloooooooong ya. Ato tolong dong yg punya audio interface tes pake ubuntu dong ya. inga2 ane butuh yg USB2.0

    ReplyDelete
  61. mas saya mau tanya, saya pakai mic behringer c 1 dengan preamp behringer 100, soundcardnya juga behringer yang U-control, saya pake software nuendo 3..

    yg saya mau tanya
    1)) kenapa monitor vocal lebih lambat, setau saya harusnya ketika take vocal seharusnya monitor vocal bisa terdengar langsung melalui headphone, tp ini telat.
    2)) kenapa suara beat/instrument masuk ke track channel walaupun mic saya matikan dan saya record tanpa mengaktifkan mic,

    dan yang terakhir bagaimana cara mengurangi noise?

    trimakasih sekali mas kalau pertanyaan saya di jawab, maaf ngerepotin :D

    ReplyDelete
  62. trima ksih gan..
    Nice inpo ;D

    ReplyDelete
  63. Salam kenal, saya tertarik dengan topik ini ..... sy senang take vocal dengan menggunakan musik playback... saat ini sy gunakan mic M-AUDIO fast track (usb) ada software protools bawaannya tapi tidak sy gunakan karena sudah terbiasa dgn yang simple yaitu 'magix music studio' atau samplitude..... semua berjalan lancar kecuali satu waktu taking vocal khususnya pria.... suaraya mendem (suara kedalam) jadi mesti diakalin degan menaikan equalisernya....
    Pertanyaannya apa yang menyebabkan suara mendem tersebut? mic nya kurang bagus atau softwarenya? dan bagaimana mengatasinya agar mendapat suara yang natural?
    Terimakasih atas saran dr teman-teman semua......

    ReplyDelete
  64. @wan : walau saya pecinta linux, tapi untuk komputer rekaman saya angkat tangan seandainya mas pakai linux... software dan informasi yang tersedia untuk rekaman di linux sangat sedikit mas...

    mungkin mas bisa pakai emulator windows (mungkin loh yah)... belum pernah coba :D

    @nubie: 1. driver apa yang mas pakai? apakah saat mas beli behringer U-control sudah support asio? atau masih pakai asio4all? sudah coba mengecilkan buffer rate nya?

    2. agak kurang ngerti sama pertanyaannya :p

    3. noise bisa disebabkan oleh banyak hal.. mulai dari suara fan, pemakaian lampu neon, pemakaian monitor tabung / crt, kabel, soundcard, cpu yang belum di grounding dan lain2.. jadi mungkin bisa dicari dahulu penyebabnya,,,

    @Anonymous boleh tau mic nya pakai apa mas?

    ReplyDelete
  65. slam knal ka....
    gw mau nanya untuk membuat sebuah home recording sederhana alat" yg d'perlukan ap aja n tolong ksaih rincian harga'a donk ka....
    tolong d'bantu yah ka
    makasih sebelum nya :)

    ReplyDelete
  66. gan,lok sound card on board tu bawaan komputer ya?tys input yang mana?

    ReplyDelete
  67. sound card ya bagus yg mana gan?dan kisaran hargany brp?

    ReplyDelete
  68. @talenta : bagus enggaknya itu sesuai kebutuhan dan selera mas... untuk harga, kisaran 1,75 sampe 2,5 udah bagus banget... kalo butuh alat rekamannya, bisa hubungi saya di 0856 9595 1288 (SMS ONLY)

    ReplyDelete
  69. @viep MM : itu di artikel udah panjang banget log dibahas.. monggo dibaca-baca dahulu :D

    ReplyDelete
  70. mas, saya dah tes pake ASIO4ALL v2... bunyi drumnya g' terlambat lagi, sudah pas.. tapi yg jadi pertanyaan saya, kan saya coba2 tes coval nih (tag di nuendo) saya dah pake di settingan device setupnya tuh ASIO4ALL v2, tapi kenapa ya g' terekam suaranya ??? pas saya ganti settingannya di device setup dengan asio multimedia driver, baru mau terekam ?? apa saya yg salah setting ato gimana mas ??? mohon bantuannya.. makasih sebelumnya.

    (saya pake soundcard bawaan desktop)

    saya juga mau nanya, kalo buat home recording yang mantap, apa2 saja yg di butuhkan ? misalkan, soundcard apa yg bagus tuh mas ?? sound monitornya ?? trus mic yang bagus juga....

    ReplyDelete
  71. bng Alfin mau nanya:
    sy dah punya MIDI Controller yg ada bawaan sound cardnya, trus sy butuh apa lagi ya biar recordnya makin bersih?
    apa sy butuh preamp lagi?

    thx distorsi.net

    ReplyDelete
  72. Mas, bisa kasih tau rincian harga masing2 perlengkapan gak mas? Biar ada gambaran modal...
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  73. @numpangkomen : rincian? sebetulnya sesuai kebutuhan sih mas...

    tapi mumpung saya sekarang lagi bikin plan buat studio home recording lagi, jadi saya tulis yang udah saya rencanain aja yah...

    Komputer : Kalo ngomongin komputer, gk bakalan ada habisnya, jadi mungkin saya merakit sebuah komputer dengan spesifikasi "pas-pasan" aja yah, yang sesuai dengan budget pengangguran seperti saya heehe *curhat

    Processor : core to duo
    Ram : 2gb
    HDD : 1TB

    Mungkin CPU dengan spesifikasi diatas itu sekarang kena antara 2juta sampai 3juta (tergantung mobo, merek, dan spesifikasi unggulan masing-masing seri dan merek)

    Soundcard : Saya rencana sih mau beli yang soundcard external aja, dan yang pastinya harganya murah dan fitur yang lumayan...

    Soundcard saya pilih Lexicon Omega - Harganya itu kalo gk salah 1,9an

    Check : http://bonardalfin.distorsi.net/2011/07/ngidam-soundcard-lexicon-omega.html


    Speaker Monitor : Hmm.. jujur untuk yang ini saya bingung... dana terbatas, tapi maunya FLAT.. hampir mustahil sih hehe...

    tapi sih saya rencananya mau beli Kurzweil KS-40A - harganya gk tau.. antara 1jt sampe 1,5jutaan mungkin :p

    Chkeck : http://bonardalfin.distorsi.net/2011/07/dan-speaker-monitorinya-jatuh-kepada.html

    Preamp : Untuk preamp, karena di soundcard Lexicon Omega udah build in preamp... jadi yang ini saya skip dahulu :D

    Microphone : untuk yang ini, saya mau beli yang paling murah tapi gk murahan.. samson c03 - harganya 700an sampe 850an

    Udah itu aja. untuk gitar, bass, cable bisa pinjem temen hehe... yang lainnya bisa diatur sesuai kebutuhan...

    tapi itu bagi yang udah siap buat serius rekaman (walau masih bisa dibilang masih tahap begineer sih hehe)..

    kalo mau coba2 dulu / belajar dulu.. bisa kok cari alternatif yang lain :D

    ReplyDelete
  74. nanya dong, temenku pengen bgt bikin video di youtube gitu. trs katanya dia ngeliat banyak org bule gitu nyanyi cuma bermodalkan mic vokal yg keliatannya biasa aja, trs kamera HD. btw apa itu bisa kalo cuma pake mic nya aja? haha hehe *susah ngertinya pasti* -___-

    ReplyDelete
  75. Gan nanya donk gw prnah liat di acara m*tro tv gitu ngebahas home studio,tp dy Nge-take smua alat" drum,gtar,bass nya cuma pake keyboard doank kcuali take vokal, itu gmana? dibahasa donk gan di blog slajutnya ,

    trim's

    ReplyDelete
  76. bos, kalo misalnya punya keyboard roland juno Gi apakah perlu pream? krn aku cuma ingin rekam dari keyboard ke komputer aja, suara drum ma guitar dari keyboard semua....mohon sarannya...

    ReplyDelete
  77. salam kenal.. saya rekam audio pake handy cam ,, semuanya ada 8 track,cello,bass,cuk,cak,gitar,flute,vokal,symbal terus saya konversi jadi mp3 , nah dari mp3 langsung saya masukin ke saya punya software di komputer namanya mixcraft 5, hasilnya kurang bagus ,ada saran lain ga mas ?

    ReplyDelete
  78. Kira2 Bila harga kesemuanya berapa ya Mas Bro...??

    ReplyDelete
  79. misi om, Lam knl ni om...btw maren ane download amplitube metal...nah
    d belah kiri atas kan da fitur OPEN AUDIO yak...
    nah press play kan mulai dah tuh yak...
    tp knp kaga kluar suara'a ya om...kira'' ane salah pa ya om ampe doi ga mo d'aktifin ma ane...

    banyak dosa mngkin ane ya om...TObat,tobat heheh

    tpi srius loh om bnran ni mah...
    oya atu maning om bro,pa smua amplitube tu kudu d'dukung ma STEALTH plug in gt ya om..
    ane baca mahal jg tuh kata'a buat STEALTH'a ja
    kira" bisa pake cra laen ga ye om bro...mature nuhun om bro ...JONNY SQUAD FREEDOM

    ReplyDelete
  80. wahh pertama kali bikin recordingan juga make laptop, emang ga perlu ribet2 sih, yng penting converter heheheh

    ReplyDelete
  81. mas bro, klo bt recording pake laptop gimana ?

    ReplyDelete
  82. Mas, tanya dong. kalau misalnya aku sudah punya hasil recording nya, dalam bentuk kaset pita yang suaranya analog itu, terus aku mau ubah dalam bentuk digital.
    Sarannya pake aplikasi recording apa? Ane skrg pake audacity, paling gampang :$ terus juga butuh hardware apa aja? aku skrg sudah pny soundcard USB behringer UCA222

    thanks buat infonya, manfaat banget

    ReplyDelete
  83. HALOO MINTA REFRENSI DONG, SAYA ORANG BARU YG MAU MENCOBA UNTUK BUAT HOME RECORDING KALAU STANDARISASI APAAN MAS KALAU BUAT RECORDING KALAU BISA MAS NGASI REFRENSI YG HARGA NORMAL TAPI YG EFECKTIV MAS!!! OWH IYA TERUS KALAU BUAT LOOP DARI KYBOARD? SOFTWARENYA FL APA G NGEFECK MAS DARI SUARA SOFTWARE DAN KYBOARD?
    1LAGI BAGUS PAKE YG MANA SOUNDCAR PC ATAU USB?

    MAKASIHH
    @FeriyalA

    ReplyDelete
    Replies
    1. butuh :
      Audio Interface
      Microphone
      Headphone
      Speaker Monitor

      coba baca2 tulisan saya terbaru tentang alat-alat rekaman di http://www.distorsi.net/2012/11/alat-alat-yang-dibutuhkan-untuk-membuat.html

      dan untuk lihat harga-harga nya bisa di lihat di www.TokoDistorsi.com

      Delete
  84. mass kapan ngasih tau tentang software nya?

    ReplyDelete
  85. saya suka yang kayak gini,, saya pernah pake magix music maker, cubase, fruty loop, reaper,, dan yang sekarang saya pake Samplitude pro x suite,,
    pake laptop, soundcard behringer, mantabs,, terus berkarya
    teman

    ReplyDelete
  86. Mungkin saya bisa kasih sedikit pengalaman software, sebenernya saya masih pemula, saya pake cool edit pro 2, mungkin sekarang udah diambil adobe audition, tapi secara sistem cukup mudah untuk yang baru mau belajar recording via komputer. Saya pernah coba protool, nuendo, cubase, garageband, tapi karena sudah jatuh hati jadi hingga kini saya selalu pakai cool edit pro.
    kalo ada yang mau tanya tentang cool edit pro mmungkin saya bisa membantu :)
    salam damai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... cool edit belom bisa pakai plugins yah? cobain yang lain aja mas ;)

      Delete
  87. Buat yang ragu spec komputer, sebenernya spec komp itu disesuaikan saja sama versi softwarenya, misal punya pentium 1 atau 2 pake aja software yang keluaran taun 2000an, jadi jangan takut buat mulai ngerekam soalnya sayang ide kita kehambat sama fasilitas, intinya suara masuk lewat input - rec - playback.
    Tapi kalo memang punya budget lebih sebaiknya mulai bertahap melengkapi fasilitas seperti yang dijelaskan pada artikel diatas.
    Kalo mulai dari yang kecil dan sederhana itu ada baiknya juga ko dan menyenangkan :)
    salam damai

    ReplyDelete
  88. Maaf Master kalo jack guitar untuk recording Panjangnya 5 meter bermasalah ga..

    ReplyDelete
  89. Jadi yg harus aku beli apa aja? :D
    yg menurut kamu paling bagus dn hasilnya bakal bagus jg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Audio Interface
      Microphone
      Headphone
      Speaker Monitor

      coba baca2 tulisan saya terbaru tentang alat-alat rekaman di http://www.distorsi.net/2012/11/alat-alat-yang-dibutuhkan-untuk-membuat.html

      Delete
  90. Makasih Mas, Sy masih newbie, cara menyambungkan behringer (controller midi) ke laptop bagai mana ya? thanks

    ReplyDelete
  91. Makasih Mas, Sy masih newbie, cara menyambungkan behringer (controller midi) ke laptop bagai mana ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, kalo pakai USB ya tinggal colok ke usb, lalu setting di software DAW / Sequencer / software lainnya

      kalo pakai MIDI to MIDI butuh audio interface / soundcard yang ada midi in / out nya :)

      Delete
  92. mohon maaf numpang iklan... siapa tau ada yang berkenan mau membuat studio rekaman profesional..

    http://www.kaskus.co.id/thread/50f5a6bc2c75b4e60f00000d/alat-studio-recording-fullset

    ReplyDelete
  93. saya udah ada alat,,, v gx ngerti nyambungin line" nya...

    ReplyDelete
  94. aku respect betul gan kamu ya bro...banyak ilmunya dikongsi di situs ...patut lagu nya emang enak bangat..

    ReplyDelete
  95. bang kalo pake laptop bisa ga bang ?mohon balas

    ReplyDelete
  96. Masbro Spesipikasi kompi ane udh ngedukung tapi kepingin bikin lagu dangdut masih bingung buat kendangnya.. kalo boleh tau VST kendang yang bagus apa ya..?? untuk suara kendang original..
    please... kasih tau..

    ReplyDelete
  97. makasih ya gan untuk gan untuk infonya,,
    sangat menarik sekali...

    ReplyDelete
  98. mas, mau nanya, kalo pake sound card line 6 ux2 bagus ga mas?

    ReplyDelete
  99. kalo pake iMac kira-kira gimana soundcardnya? software yang compatible apa mas? Tks

    ReplyDelete
  100. Dear Bonard Alfin

    Saya tertarik sekali dengan segala hal yang menarik yang saya temukan di halaman ini. Ini adalah Skill yang saya butuhkan sejak lama. Cuman, saya gag tahu harus belajar dmana. Jadinya, saya banyak mengambil Postingan yang ada di halaman ini buat referensi saya belajar. I'm Sorry for that :)

    Bdw... Dulu, saya pernah menggunakan Adobe Audition 1.5 ketika kerja di Radio sebagai penanggung jawab produksi Iklan. Tapi ngga pernah berkembang ilmu saya. Sekarang, saya sedang mengumpulkan uang untuk membuat AUDIO HOME PRODUCTION setelah Resign dari tempat saya bekerja.

    Saya sudah memiliki Computer dengan Spec sbb:

    Cooler Master HAFX
    Corsair 1050W CMPSU-1050HXEU
    Sony DVDRW Sata 24x Box
    XFX HD 6870 1Gb 256Bit DDR5 (2 Keping)
    WDC SATA III Cavier Black 1TB 64Mb
    Corsair CMP4GX3M2A1600CB (2x2Gb) (i5/i7,1156)
    ASRock 990FX Extreme 4
    AMD X6 1075T (Box) Phenom II

    Saya ingin belajar membuat Musik sendiri. Mohon tuliskan Spec Equipment untuk AUDIO HOME PRODUCTION yang Match dengan Spec Computer saya, dari Soundcard hingga siap digunakan, dengan Budget Max. 20jt (tidak termasuk Ruangan dan Alat Musik).

    Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  101. mantaf infoh nya bro...
    ada article tentang cara nge wide suara gitar, biar stereo dan bener bener di ujung telinga gitu kedengerannya bro.
    semoga ente faham maksud anne.
    thanks

    ReplyDelete
  102. Selamat siang...
    mo nanya nih mas...
    Kita udah punya alat Scarlett 18i8,
    trus software Nuendo
    dan micnya mic condenser B2Pro Behringer...
    yang jadi masalah koq...hasil rekaman Audionya mono ya? kenapa gak stereo? Ada yang salah kah dengan Mic B2Pro? atau memang harus pake mic yang dari scarlet? apa memang seperti itu kalo bukan pake software Ableton? trus solusinya apa?

    maaf banyak nanya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata memang merekam itu di track mono mas... nanti di buat stereo dengan panning.. contoh : rekam 2 track guitar mono, 1 panning ke kanan dan 1 kekiri.. begitu pula track lainnya jika perlu di panning, tapi misal kalo bass & vocal biasanya itu di center atau di tengah, gk perlu di panning

      Delete
  103. selamat siang...

    saya mau nanya seputar cool edit pro. jadi ceritanya saya rekamanan suara menggunakan instrument dari lagu. pas mulai klik record, musik kan jalan tuh... trus saya nyanyi ikutin iramanya... nah,, yang jadi maslah adalah, setelah di play, kenapa hasil suaranya telat dengan instrumen nya ya mas ??? padahal saya nyanyi udah berdasarkan iramanya, gak telat sama sekali...

    bagaimana cara mengatasi vokal output biar gak telat ???
    terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete

 

Follower

Facebook Box

Twitter

Copyright © 2010 Distorsi All Rights Reserved
Distorsi | Toko Distorsi | Contact Us | Bonard Alfin's Blog