Cara menggunakan Ez Drummer dengan Steinberg Cubase

Artikel ini merupakan terusan dari artikel yang saya tulis di blog dengan judul Installasi EZ Drummer di Steinberg Cubase dan FL Studio / Fruity Loops. Di artikel tersebut saya bahas hanya sampai bagian installasi saja, belum sampai cara memasukkan / mengunakaannya di steinberg cubase atau FL dan belum menerangkan bagaimana cara membuat beat atau ketukan drumnya dikarenakan artikelnya terlalu panjang. nah, oleh karena itu di sini saya mencoba untuk meneruskan nya.


Oke pada tahap kemarin kita membahas sampai setting path VST plugins juga installasi ez drummer, yuk lanjut kita test drive aja. pertama kita coba di Software Steinberg Cubase nya dulu.

  • buka program steinberg cubase (dalam tutorial saya memakai versi 5)
  • buat sebuah project baru (tutorial bisa dilihat di sini
  • pergi ke menu Device - VST Instrument (shortcut F11)
    5546856753_ce1cfd7c59.jpg

  • klik kiri pada kolom bertulisan no instrument, lalu pilih ezdrummer
    5546867449_894b31c845.jpg

  • akan muncul sebuah window, klik saja create biar nanti tidak usah buat track midi lagi
    5547462830_3731b411c6.jpg

  • oke, program ezdrummer nya sudah terbuka, kita biarkan default aja dulu.
  • tunggu beberapa saat hingga semua sample audio nya ter-load
    5547482404_8e50d307db_s.jpg

  • lalu sisih kan (kaya masak :p ) maksudnya keluarkan saja dulu dengan mengklik kiri tombol X
  • kita kembali lagi ke steinberg cubase nya, tekan angka 8 (delapan) pada keyboard atau klik gambar pensil di project window tool
    5547501080_8f03fff6e4.jpg

  • buat atau gambar (draw) 4 bar pada track midi yang ter-routing EZ Drummer
    5547551812_56a3815e60.jpg

  • Select all dengan mem block atau pun tekan tombol Ctrl+A pada keyboard, lalu klik kiri 2 kali pada bar (kotak-kotak) tersebut.
    5547551840_d1166d6086.jpg

  • yuk kita mulai membuat beat atau ketukan drumnya.. berikut adalah gambar beat yang saya buat (hanya untuk contoh belum mengutak-atik velocity nya). klik gambar untuk memperbesar dan memperjelas
    5547032677_9c2a7e4ef9_z.jpg

  • oh iya, beat diatas saya buat untuk tempo 200, untuk mengganti tempo pergi ke menu Project - Tempo track (shortcut Ctrl+T)
    5546971291_2d410b2d0a.jpg

  • lalu pada kolom tempo klik 2 kali (atau klik kiri) dan ubah menjadi 200
    5547622432_fc06e890ee.jpg


Oke deh segini. nanti diterusin lagi di artikel selanjutnya bagaimana cara menggunakan EZ Drummer di FL Studio.

Distorsi l Studio Rekaman l Home Recording
Continue reading →

Mengatasi masalah Vari Audio di cubase 5 yang terasa berat

Vari audio, jika anda memakai software DAW steinberg cubase 5, anda mungkin tidak asing lagi dengan fitur untuk mengedit vocal yang bernama Vari audio. Apabila belum, sudah pasti anda sangat rugi, karena fitur editing vocal yang bernama vari audio ini sangatlah power full untuk mengedit pitch vocal, bahkan instrument! yup, saya sering sekali memakai fitur Vari Audio ini untuk editing pitch instrument bass :). Bagi anda yang belum mengetahui apa itu Vari Audio, dan bagaimana cara menggunakannya, coba ke artikel saya yang berjudul Mengedit pitch vocal yang fals dengan Steinberg Cubase 5 di http://www.distorsi.net/2010/08/mengedit-pitch-vocal-yang-fals-dengan.html.

Oke, saya akan sedikit cerita terlebih dahulu masalah yang baru-baru ini saya alami saat memakai fitur Vari Audio di studio saya. Belum lama ini saya baru saja pindah studio rekaman yang saya jalani saat ini. Karena satu dan lain hal, akhirnya saya merakit komputer baru untuk studio rekaman yang baru tersebut. Spesifikasinya lumayan jauh lebih baik daripada spesifikasi komputer di studio rekaman saya yang lama. Namun tentunya software dan Sistem operasinya tetap sama seperti studio rekaman lama saya. yaitu:

- Windows XP SP3
- Steinberg Cubase 5
- Addictive Drums
- FX Pansion BFD2
- EZ Drummer + Expansionnya
- Keluarga Amplitube
- Keluarga Guitar Rig
- Wave bundle
- EQWL Silver Edition
- FL Studio 8 (walau versi lama tapi udah telanjur jatuh hati :p )
- Dan puluhan VST, VSTI maupun sample lainnya yang saya ndak bisa sebutin satu-persatu

Nothing special alias tidak ada perubahan sama sekali software yang saya gunakan di studio lama dengan yang di studio baru. Dan masih "Working" hingga saat saya harus editing pitch vocal menggunakan Vari Audio untuk sebuah band yang sedang saya rekam. Apa masalah nya? Setelah menjalankan fitur Vari Audio, sistem komputer saya menjadi begitu berat, lambat, lag dan memuakan ( #halah lebay :p ). untuk mem-play aja tuh sulitnya bukan main. Saya berpikir saat itu mungkin ada yang salah dengan driver nya... dan ternyata? tidak ada masalah sama sekali. Driver yang saya gunakan adalah driver Asio terupdate bawaan Soundcard / Audio Interface saya.

Oh iya, sebelumnya, pada saat saya belum memakai fitur Vari Audio. Semua berjalan dengan normal, saya pun telah banyak menggunakan plugins-plugins yang saya rasa memang sangat berat atau menguras resource dari CPU. Tapi ya berjalan sangat sempurna, tidak ada lag sama sekali.

Setelah berpusing ria + emosi + binggung karna tidak tahu sebabnya, akhirnya saya menyerah, dan menunda pekerjaan editing pitch vocal tersebut (maunya sih langsung mau tanya sama om google, tapi apa daya distudio rekaman yang baru belum dipasaing modem :p ). Keesokannya saya mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya, dan akhirnya saya dapat jawabannya di http://www.gearslutz.com/board/music-computers/481884-cubase-5-tuning-vocals-using-vari-audio-slows-down-system.html Apabila anda mampunyai masalah yang sama, saya coba menjelaskan bagaimana cara mengatasinya.

Pertama buka Explorer
Lalu kemenu Tools - Folder Options

Lihat gambar dibawah ini (ini hanya untuk menyeting agar hidden folder bisa terlihat)

Sesudah itu pergi ke c:\Documents and Settings\(*Your user account*)\Application Data\Steinberg

Contoh kalau ditempat saya C:\Documents and Settings\Administrator\Application Data\Steinberg

Lalu cari folder yang bernama Cubase 5, dan delete atau pindahkan ke folder mana saja yang ada suka

Lalu jalankan Steinberg Cubase 5 anda, dan tunggu beberapa saat (agak sedikit lama) karena cubase butuh waktu untuk meng-recreate semua internal database, dan men-scan kembali pulgins-pulgins anda :)

Semoga bemanfaat :D
Continue reading →
 

Follower

Facebook Box

Twitter

Copyright © 2010 Distorsi All Rights Reserved
Distorsi | Toko Distorsi | Contact Us | Bonard Alfin's Blog