Mackie Onyx Black Jack - Unboxing dan Review

Wuih sudah lama sekali saya mengupdate blog distorsi karena beberapa hal penting yang harus dikerjakan, lagi nyusun proposal skripsi soalnya *curhat abis*

Oke, kemarin saya diberi kesempatan dipinjamkan beberapa produk demo dari distributor untuk dijajal atau dicoba dirumah.Salah satu produk yang bisa saya coba adalah Mackie Onyx Black Jack.



Audio Interface buatan Mackie ini memiliki 2 channel input dan 2 channel output. Mackie Onyx Black Jack ini juga menggunakan koneksi USB tanpa memerlukan power tambahan berupa adaptor. So, tinggal colok ke usb komputer, install driver, setting di Control Panel DAW atau Sequencer anda, dan anda siap untuk merekam maupun memplayback project materi lagu anda.... yang berarti sangat cocok untuk kebutuhan home recording / studio rekaman sederhana maupun untuk playback live diatas panggung... maknyuss lah pokoknya... istilah kerennya itu "USB Mobile Audio Interface"

Mackie Onyx Black Jack juga memiliki / build in preamp dikedua inputnya, jadi anda bisa menghemat pengeluaran anda karena tidak perlu untuk membeli preamp terpisah. Di audio interface / soundcard ini, anda akan menemukan phantom power yang gunanya sebagai tambahan power untuk mic condenser anda... aih... pokoknya mah bisa hemat aja kalau pakai Mackie Onyx Black Jack... All in one kalau bahasa gaulnya

Oke mari kita lihat isi dari box Mackie Onyx Black Jack ini.... (maap sebelumnya kalau photonya kurang bagus, soalnya photo dari handphone saya, malam-malam pula).

Gambar 1. Box Mackie Onyx Black Jack sebelum dibuka

Gambar 2. Isi dari Box Mackie Onyx Black Jack saat dikeluarkan

Gambar 3. Mackie Onyx Black Jack tampak depan

Gambar 4. Mackie Onyx Black Jack tampak belakang

Gambar 5. Kabel USB yang sudah include didalam paket penjualan

Gambar 6. Buku manual dan petunjuk penting

Oke, hal pertama yang saya "ngeh" dari isi box Mackie Onyx Black Jack adalah ketiadaan  CD driver. Anda harus mendownload Driver Mackie Onyx Black Jack di website resmi Mackie (http://www.mackie.com/products/onyxiseries/drivers/).
Gambar 7. Petunjuk untuk mendownload Driver
Entah ini menjadi salah satu hambatan, atau malah menjadi salah satu kelebihan dari Mackie Onyx Black Jack ini. Loh kok kelebihan sih? Driver yang dipakai pada suatu produk haruslah ter-"update" agar tidak bermasalah saat digunakan. Nah mungkin produsen Mackie ini sudah berpikir terlebih dahulu sebelumnya, agar pemakai / pengguna Mackie Onyx Black Jack tidak mengalami masalah saat menggunakan produknya, maka anda harus / wajib menggunakan driver terbaru / lastest driver. Hmmm jadi menurut anda apakah ini sebuah hambatan? atau sebuah kelebihan? Anda yang bisa menilai.

Kedua adalah ketika saya disuguhkan dengan petunjuk penting tentang software gratis yang sudah di bundle didalam produk ini, yaitu Tracktion.
Gambar 8. Petunjuk Traction beserta Lisence Code-nya

Namun setelah membaca petunjuk dari kertas yang dimaksud, saya malah menemukan web dengan Error 404. Tapi setelah saya berselancar di google, saya menemukan link baru di http://www.mackie.com/authorize. Entah apa benar di link tersebutkah nanti Lisence Code tersebut dapat digunakan atau tidak, saya belum mencobanya :p


REAR PANEL
Mackie Onyx Black Jack ini memiliki 2 buah input yang dapat merekam hingga 24bit / 48Khz. Yang berarti anda dapat merekam materi lagu anda dengan hasil standart professional. Lebih kerennya, 2 Input  yang ada di Mackie Onyx Black Jack ini sudah memiliki / build in ONYX PREAMPS yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya berdasarkan beberapa referensi yang saya baca.

Gambar 9. Inputs Channel


2 Channel input yang berada di bagian belakang Mackie Onyx Black Jack ini dapat menerima balance microphone inputs dari XLR Connector (biasanya untuk Microphone) maupun balance dan unbalance 1/4" TRS Connector (biasanya untuk Instrument)

Gambar 10. XLR Connector


Gambar 11. TRS Male Connector


Untuk anda yang ingin menggunakan Microphone Condenser, tentu saja wajib menggunakan phantom power dengan daya 48v. Bersyukurlah, di Mackie Onyx Black Jack ini anda sudah mendapati phantom power ini. Tinggal tekan tombol phantom power yang ada didepan, anda sudah siap untuk menggunakan Microphone Condenser.
Gambar 11. Phantom power


Untuk merekam gitar maupun intrument lain. Mackie Onyx Black Jack memberikan fitur HI-Z (High-Impedance) Switch, sebagai pengganti DI BOX tambahan. Tanpa fitur ini, suara yang terekam tidak akan terdengar natural (bahasanya halusnya gk bagus), khususnya itu pada bagian hi frequensi.

Gambar 12. HI-Z Switch


Pada Output / Monitor Out, anda dapat menemukan channel dengan koneksi balance dan unbalance 1/4" TRS Connector
Gambar 12. Monitor Out



Front Panel
1. Gain Control
Kenop / Knob untuk gain ini berguna untuk menyesuaikan sensitifitas (atau bahasa manusia nya volume atau gain) dari mic dan line input.

2. SIG / OL LED
Lampu LED yang ada di front panel Mackie Onyx Black Jack ini memiliki 2 warna, hijau dan merah. Saat lampu LED berwarna hijau, berarti anda aman untuk merekam materi anda. Namun saat berwarna merah, disarankan untuk memutar kenob gain ke arah berlawanan arah jam agar berwarna hijau kembali, hal ini dimaksudkan agar materi yang anda rekam tidak peak atau overload saat direkam... jadi amannya di warna hijau :D

3. HI-Z Switch
Sebenarnya sudah dibahas sebelumnya di tengah-tengah artikel, Mackie Onyx Black Jack memberikan fitur HI-Z (High-Impedance) Switch, sebagai pengganti DI BOX tambahan. Tanpa fitur ini, suara yang terekam tidak akan terdengar natural (bahasanya halusnya gk bagus), khususnya itu pada bagian hi frequensi.

More info langsung cek www.tokodistorsi.com



Artikel Terkait:

1 comment:

 

Follower

Facebook Box

Twitter

Copyright © 2010 Distorsi All Rights Reserved
Distorsi | Toko Distorsi | Contact Us | Bonard Alfin's Blog